Tujuan dari pembuatan tutorial Cara Membuat Sertifikat dengan Mail Merge di Ms. Wordhttp://seo-toblog.blogspot.com/2016/02/cara-membuat-sertifikat-dengan-mail.html
ini hanya sekedar sharing semata terutama untuk file pribadi juga dan
semoga bermanfaat untuk semua kalangan yang membutuhkan. banyak cara
untuk membuat Surat Massal dengan menggunakan fitur dari Ms. Word yaitu
mail Merge dari hal membuat Surat Massal, Label Undangan, dll, yang
nanti kita bahas pada pertemuan selanjutnya.OK Lets Go!!!
Baik kita mulai Cara Membuat Sertifikat dengan Mail Merge di Ms. Word dengan langkah sbb :
1. Buat Blangko Ijazah / Sertifikat terlebih dahulu di Ms. Word sesuai dengan selera anda masing-masing.
Contoh dari saya :
Kosongkan bagian yang menurut anda perlu di proses dengan Mail Merge
disini saya sengaja kosongkan semua data karena sudah mempunyai Database dari Excel.
2. Buat Database dari Excel jika belum buat disini saya menggunakan Database dengan Excel yang mudah di
mengerti banyak orang. bisa juga dengan SQL, Ms. Access, dll.
Contoh Database yang saya buat : SS-nya
disini saya hanya memerlukan 4 field yang akan di proses dengan Mail Merge. sesuai kebutuhan
3. Jika sudah membuat keduanya, maka proses selanjutnya adalah tutup semua jendela Ms. Word dan Ms.
Excel tadi dan buka halaman baru di Ms. Word dan Pilih Tab --> Mailings
Pilih step by step saja biar mudah bagi yang baru pertama mengenal --> bagi Master yang sudah tahu No Comment
4. Ikuti langkah demi langkahnya dari memilih dokumen Blangko Sertifikat yang tadi agan buat...
5. Masukan field yang diperlukan untuk di Merge, berikut SS-nya.
6. Setelah menempatkan pada masing-masing field yang dibutuhkan next saja..dan hasilnya
7. Selesai sudah gan dan siap untuk di Print. Mudah kan..
Bagi yang membutuhkan file tutorialnya download saja gan tombol dibawah ini :
Terima Kasih atas Kunjungannya gan, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi semua yang membutuhkannya.
Sumber dari Blog Sendiri